Spesifikasi dan Harga Gadget Terbaru

Sunday, December 1, 2013

Review : Phablet Lenovo P780 Kekurangan dan Kelebihan

Lenovo P780 baru saja meluncur di India. Lenovo P780 ini adalah sebuah smartphone kelas menegah atas karenamemiliki spesifikasi yang cukup tangguh di kelasnya. Lenovo P780 hadir dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Seperti apa spesifikasinya?

Desain dan Kualitas Bahan
Lenovo P780 hadir dengan desain yang cukup menarik, desain dari P780 ini sendiri terlihat lebih kokoh dan kuat seperti pada ponsel Lenovo sebelumnya yang berseri K900. Lenovo P780 menggunakan bodi Metal yang membuatnya terlihat lebih elegan dibandingkan dengan ponsel berbodi plastik lainnya.

Di sisi depan dapat kita lihat terdapat layar sentuh berukuran 5 inch, layar ini memiliki resolusi HD. Terdapat juga logo Lenovo dibawah lubang speaker, di sebelahnya terdapat juga kamera sekunder yang dipadukan dengan sensor Ambient. Tak lupa, lampu LED juga tersemat di sisi speaker sebagai lampu notifikasi.
Terdapat tiga tombol navigasi yang kapasitif. Uniknya tombol Home dibuat berbeda dari perangkat android lainnya tetapi tombol Home yang dimiliki oleh P780 ini juga diterapkan pada ponsel android lain buatan mereka.
Di sisi kanan ponsel terdapat tombol untuk mengeraskan volume ponsel khususnya untuk nada bicara, musik, serta nada notifikasi.
Di sisi bawah ponsel terdapat sebuah mikrofon yang berguna untuk menangkap suara anda. Hal tersebut sangat disayangkan tentunya mengingat kebanyakan desain ponsel android meletakan mikrofon di bagian depan ponsel.

Pada bagian atas ponsel terdapat lubang audio sebesar 3,55mm, tombol power, dan lubang mirco USB beserta penutupnya.
tombol volume yang terletak di sisi kanan bodi ponsel terbuat dari logam, hal itu membuatnya terkesan lebih Premium.

Sisi depan ponsel dan sisi belakang ponsel direkatkan dengan cincin logam crom yang membalut seluruh bagian ponsel. Sisi kanan dan kiri bodi ponsel terlihat lebih menjorok ke dalam, hal itu tentunya membuat ponsel lebih nyaman dipegang.

Di sisi belakang ponsel terdapat bahan logam yang sangat banyak, desainnya yang sedikit melengkung membuatnya lebih nyaman dipegang. Menariknya tedapat dua bagian warna yang berbeda, yakni untuk bagian tutup belakang yang dapat dilepas dengan warna hitam pekat serta di bagian bawahnya memiliki warna abu-abu.

Sisi belakang bodi atau lebih tepatnya cover belakang ponsel, terlihat bila ponsel ini dibekali dengan fitur kamera berkekuatan 8 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash. Terdapat juga sebuah lubang kecil, lubang tersebut adalah mikrofon sekunder. Sedangkan di sisi bawah terdapat speaker.
Desain Lenovo P780 dapat dikatakan bagus atau Elegan. Hal tersebut karena adanya perpaduan dua warna yakni hitam dan silver yang berbahan logam. Selain itu desainnya yang melengkung juga menjadikannya mudah digenggam. Lenovo P780 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh.

Display/ Tampilan layar
Lenovo P780 memiliki tampilan yang tidak kalah menarik dari desainnya. Hadir dengan layar 5 inci dan memiliki resolusi HD 720p serta berkerapatan ~295ppi.

Layar lenovo P780 ini tidak akan terlihat jelas bila anda memiringkannya atau melihat layar ponsel dengan posisi miring. Akan tetapi meskipun begitu, Lenovo P780 menghadirkan touchscreen dengan titik sentuhan hingga 10 jari, cukup langka memang mengingat kebanyakan smartphone hanya memiliki 5 sentuhan.

Hardware/ Dapur pacu dan Performa
Lenovo P780 memiliki performa dan hardware yang pantas bila di jajarkan dengan phablet dengan harga yang sama. Lenovo P780 hadir dengan Chipset dari MediaTek yakni seri MT6589 dengan prosessor quad core 1,2 Ghz. Perpaduan antara RAM berkapasitas 1 GB dan GPU PowerVR SGX544 membuatnya lancar dalam mengolah grafis.

Anehnya meskipun tertulis RAM 1GB hanya tersedia 970 MB dan RAM bebas hanya 500 MB karena digunakan untuk sistem.

Lenovo P780 akan hadir dalam dua varian yakni varian memori internal 4 GB dan 8 GB. Untuk varian 8 GB hanya tersedia 1,56 GB karena yang 2,14 GB dialokasikan untuk penginstallan aplikasi. Anda juga dapat memperluasnya dengan keberadaan slot microSD.

Dalam hal performa, Lenovo P780 dapat dikatakan cepat, meskipun terkadang terjadi bug dalam beberapa kasus seperti aplikasi dan layar sentuh yang kurang cepat merespon. Keunggulan dalam sistem UI yang telah disesuaikan juga membuatnya terlihat ciamik tetapi sistem UI yang dimiliki P780 memakan banyak RAM.

Kamera
Lenovo P780 hadir dengan perbekalan kamera yang cukup bagus. Dibekali dengan dual camera yakni kamera utama terletak di sisi belakang ponsel sedangkan kamera sekunder terletak di sisi depan ponsel.

Kamera utama yang dimiliki P780 ini beresolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan LED flash sedangkan kamera sekunder hanya beresolusi 1,2 Megapiksel saja. Kamera utama ponsel ini dapat mengambil objek gambar dengan resolusi 1080p sedangkan untuk merekam video dapat merekam hingga mencapai 30fps dan resolusi 480p.

Foto yang dihasilkan Lenovo P780 juga cukup bagus, namun sisi pencahayaannya saja yang kurang.
Anda dapat melihatnya disini

Aplikasi dan Fiturnya :
Lenovo P780 berjalan pada OS Android JellyBean versi 4.2.1 dengan beberapa kustomisasi dari pihak Lenovo.

Anda juga dapat mengganti wallpaper, sekilas pergantian wallpaper terlihat seperti ROM MiUi yang unik dan lebih berwarna.

Lenovo P780  dibekali juga dengan berbagai aplikasi, diantaranya Facebook, Google+, Gmail, dan masih banyak lagi.
Tampilan pengaturan yang asri dan perpaduan antara warna oranye serta abu-abu membuat kesannya semakin candy.

Baterai dan Konektifitas
Seperti yang sudah terpaparkan diatas, ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh, cukup besar bukan untuk ukuran phablet. Konektifitas terutama jalur data Lenovo P780 ini sudah mendukung koneksi 3G apabila koneksi 3G aktif ponseldapat bertahan hingga 1,5 hari nonstop, hal yang membuat kita terkagum-kagum adalah kemampuannya merekam, Lenovo P780 dapat merekam hingga 10 Jam nonstop.

Kesimpulan
Lenovo P780 hadir dengan spesifikasi yang biasa saja dan tidak terlalu istimewa, namun ada beberapa hal yang membuatnya lebih istimewa yakni berbekal baterai 4000 mAh yang membuatnya dapat bertahan lebih lama daripada phablet lain.

Kelebihan :
+ Desain terbuat dari logam membuatnya terlihat elegan dan kokoh
+ Kapasitas baterai 4000 mAh
+ Kamera terbilang bagus dengan resolusi HD

Kekurangan/Kelemahan :
- Harga relatif mahal
- Prosessor dari MediaTek, tak adayang spesial kinerjanya atau biasa saja
- Kamera depan kurang GREGET, hanya dibekali dengan kamera depan 1,2 megapiksel saja padahal banyak phablet dengan kamera depan beresolusi 5 megapiksel keatas.

Sekian artikel tentang Review Lenovo P780 ini, anrtikel ini terkutip dari situs fone arena disini. Semua foto berhak di manipulasi asalkan anda tetap mencantumkan logo fone arena. Rewrited by Zaid.
lenovo p780 kaskus,lenovo p780 review,lenovo p780 harga,lenovo p780 indonesia,lenovo p780 tabloid pulsa,lenovo p780 gsmarena,lenovo p780 okeshop,lenovo p780 jual,lenovo p780 di indonesia,lenovo p780 teknoup, spesifikasi dan harga lenovo p780

Review : Phablet Lenovo P780 Kekurangan dan Kelebihan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown